Senin, 09 Maret 2015

LIBURAN KE GOTHENBURG (GÖTEBORG)




Gothenburg atau di Swedia disebut Göteborg merupakan kota kedua terbesar di Swedia setelah Stockholm. Kota ini merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi. Gothenburg juga dikenal sebagai kota yang identik dengan pendidikan,  museum dan perusahaan raksasa Volvo juga didirikan pertama sekali di kota ini.
 


Pemandangan kota Gothenburg sekilas hampir sama dengan gedung gedung tua Eropa pada umumnya. Pada saat berkunjung ke Gothenburg, gue melihat banyak pohon pohon dengan batang dan ranting tanpa daun berwarna kehitaman. Jadi tidak salah jika hendak berkunjung ke kota ini banyak yang mengatakan di saat summer sangat lah tepat. Gue bisa membayangkan keindahan taman dengan banyaknya pohon di kota ini.
 


                KAWASAN AVENUE

                  DEPAN HOTEL ELITE PARK AVENUE                  
Sebenarnya gue dan suami terdampar di Gothenburg di saat winter karena satu alasan, voucer hotel yang kami peroleh sebagai hadiah perkawinan sebentar lagi akan expired. Jadi ya sudah, mau tidak mau liburan ke Gothenburg pun kami lakukan di waktu winter saja. 
Dan untungnya lokasi hotel kami ELITE PARK AVENUE, berada di kawasan Avenue (Avenyn Street), yang merupakan jalan utama di Gothenburg yang sangat ramai dengan tempat hiburan, restoran, cafe, store perbelanjaan dan tidak jauh dari shopping center. 
 

       LOBBY UTAMA HOTEL      
    WELCOME DRINK DI KAMAR HOTEL


RUANGAN SPA HOTEL ELITE PARK AVENUE
Berada di kawasan Avenue sudah cukup menghibur gue. All in one deh.
Liburan selama 3 hari dua malam lebih banyak gue habiskan di kawasan ini. Oya, Gothenburg memiliki sarana transportasi dalam kota yang disebut Svårvagn, bentuknya merupakan perpaduan kereta api dan bus gandeng. Jadi jangan heran jika di setiap jalan besar di kota Gothenburg terdapat semacam rel kereta api yang tertanam di dalam aspal jalan. Cuma kondisinya sangat rapi dan teratur. Selain lebih banyak berjalan kaki, sekali sekali kami menggunakan transportasi ini bila menuju kawasan lain dan juga bila sekedar  melihat keindahan kota Gothenburg. Kartunya  dapat dibeli  di toko  Seven Eleven.

Svårvas
Salah satu tempat yang kami kunjungi di kawasan Avenue adalah Irish Pub yang lumayan banyak di di temui di Gothenburg. Sebut saja Dubliner dan John Scoots pub. Cuma minta ampun ramainya di kala Jumat weekend, karena hari ini selalu menjadi harinya orang orang untuk menikmati malam. Untungnya kita mampir di kala sore, jadi bisa lebih rileks. Tidak jauh dari sini juga terdapat Hard Rock Cafe, iseng iseng masuk cuma mau beli kaos...suka bahannya, adem.
 
         IRISH PUB

Untuk restoran, Gothenburg juga dikenal sebagai kota  yang memiliki restoran berkualitas yang lumayan banyak terdapat di kawasan Avenue. Tapi dicatet dan diingat,  di hari jumat malam, rata rata restoran/cafenya sangat ramai sekali dan penuh perjuangan untuk bisa masuk. Setelah bolak balik mencoba masuk ke beberapa restoran dan sukses di tolak karena sudah full, akhirnya kami beruntung bisa masuk kesalah satu restoran. Sangkin laparnya gue, ampe lupa nama restonya. Hahahaha.
Apalagi gue agak kesal ama muke pelayannya yang jutek, mungkin cape kali ya sangkin banyaknya konsumen.
Seperti biasa ke kota besar di Swedia wajib mencoba restoran asia. Sebut saja restoran Wok yang berada di Östra Hamngatan 5, yang menyediakan berbagai macam seafood segar. Di samping restoran ini juga terdapat toko permen yang sangat lengkap,  namanya toko 4-Gott. Kalap tra la la deh di dalam. Selain itu ada juga restoran asia  TIEN TSIN, tepat di samping hotel Elite Park Avenue . Gue rekomen, selain enak, pelayanannya sangat ramah.


Kami juga mampir ke Kungsparken, taman yang banyak memiliki burung merpati dan bisa melihat atraksi burung ini pada saat terbang dengan jumlah yang sangat banyak. Di sekitar area taman juga terdapat banyak pohon pohon tanpa daun berwarna hitam akibat musin dingin, tapi tetap indah dilihat mata.



Ke Gothenburg jangan lupa ke Mall terbesar bernama Nordstand. Mall tempat mencuci mata pastinya. Hihihhi.
Di daerah Kungstorget , kita bisa masuk ke toko terbesar SALUHALLEN, yang menjual khusus bahan makanan rumah tangga, seperti daging, keju, bumbu, buah buahan, sayur, kopi bahkan coklat.
 
 
DI KAWASAN SALUHALLEN
 
Di dalam SALUHALLEN
Liburan di Gothenburg berakhir disini, dan akan lebih lengkap rasanya liburanku di Negara ini, apabila gue diberi waktu untuk bisa melihat kota Malmö, kota terbesar ketiga di Swedia setelah Stockholm dan Gothenburg.



Note : Tulisan ini diperbaharui

Salam dari
Mora, Dalarna, Swedia

Tidak ada komentar: