Senin, 30 November 2015

NAMSDAG atau NAME DAY DI SWEDIA

Hari ini tepat tanggal 30 November, suami gue telepon dari kantor dan bilang kalau hari ini adalah Name Day nya dia. Tapi gue dan suami sama sama lupa dengan Name Day nya itu. Dia tau justru setelah mendapat ucapan selamat dari kerabat dan beberapa temannya. Ya uda deh pulang kerja dia datang dengan dua potong cake bernama Budapest. "Kita Fika pakai ini aja ya, itung itung merayakan my  Name Day" kata dia. Sampai di rumah pun masih ada beberapa orang yang memberi ucapan selamat melalui telepon. Gue lumayan salut juga loh dengan orang orang yang bisa memberi ucapan begini. Sementara kadang yang bersangkutan banyak yang tidak terlalu mengingat.


Layaknya seperti kebanyakan negara negara Eropa dan Amerika Latin, Swedia juga memiliki istilah Name Day. Awalnya peringatan Name Day ini dikenal di jaman Saint Catolic dan Gereja Ortodoks. Dan dari jaman ke jaman Name Day mengalami perubahan, tidak hanya terbatas pada perayaan nama nama yang berbau Alkitab dan Katolik, tapi sudah lebih kepada tradisi umum.
Sebenarnya apa sih Name Day di Swedia itu? Name Day di Swedia disebut juga NAMSDAG. Namsdag atau Name Day merupakan hari dimana nama Swedia kita tertera di tanggal kalender Swedia. Dan ketika tiba harinya, beberapa anggota keluarga, teman, kerabat mengucapkan selamat, layaknya ucapan ulangtahunlah. Cuma bedanya Name Day tidak identik dengan perayaan besar.Trus nama Swedia itu yang seperti apa? Nama Swedia itu ya nama nama khas Swedia. Contohnya ya seperti nama suami gue ANDERS. Beberapa nama khas Swedia adalah adalah sebagai berikut :
TOBIAS, KATARINA, KARIN, ASTRID, SUNE, INGEGERD, ULLA, KLAS, KJELL, SVEN, STIG, BIRGITTA, dan masih banyak lagi. Ini juga gue lihat di kalender hahahaha.
 
 


Sebagian besar kalender Swedia mencantumkan nama nama khas Swedia di setiap tanggal di bulan kalender yang berlangsung.
Trus apa aja yang dilakukan ketika Namsdag kita tiba? ya sebenarnya ga ngapa ngapai juga sih. Ga ada perayaan juga. Paling ya itu tadi dapat ucapan dari beberapa orang dekat atau ngopi/nge teh bersama di rumah dengan isteri or suami. Dan ini pun tidak keharusan kok. Cuma suami gue type yang agak konservatif. Jadi apa apa selalu di usahakan untuk di rayakan walaupun cuma sekedar makan cake or ngopi.


Memperingati Name Day bukanlah suatu perayaan besar seperti yang gue bilang di atas, tapi lebih kepada peringatan sederhana buat diri kita sendiri yang kadang membuat kita lebih dihargai dan merasa senang ketika mendapat  ucapan Happy Name Day dari orang orang dekat, teman bahkan kerabat. Ada istilah apalah arti sebuah nama. Ga juga lah. Nama itu memiliki arti penting. Buktinya di Swedia sampai  di pajang di kalender. hehehe
Nah kamu sendiri namanya termasuk kah di Swedish Nameday? Kalau gue sih iya. HELENA  termasuk sebagai  salah satu nama yang masuk di kalender Swedia. Name Day gue  jatuh pada tanggal 31 Juli.

Tidak ada komentar: