Selasa, 09 Agustus 2016

JALAN JALAN KE BAGIAN UTARA SWEDIA (PART 1) : UMEÅ, THE CITY OF BIRCHES.

 

Masih berhubungan dengan cerita liburan summer beberapa waktu yang lalu, sesuai dengan janji gue, kali ini gue akan bercerita tentang perjalanan pulang menuju rumah melalui beberapa kota di bagian utara Swedia. Dan kota pertama yang kami singgahi adalah UME atau UMEÅ. Tapi di dalam tulisan ini gue menyebut Umeå saja ya.
 
Kota Umeå pertama sekali gue tahu ketika belajar bahasa Swedish (Svenska) di SFI Mora. Saat itu ada pelajaran mengenal kota kota besar di Swedia. Umeå adalah salah satu kota besar yang terletak di bagian utara Swedia.


Kami sampai di kota Umeå setelah menempuh perjalanan laut. Tepatnya menyeberang dengan kapal dari kota Vaasa-Finlandia. Perjalanan kurang lebih 4 atau 5 jam kalau tidak salah. Gue kurang ingat pastinya. 
 
Tiba di kota ini, kami langsung mencari hotel. Seperti kebanyakan tempat dibelahan bumi, setiap Peak Season sebagian besar hotel selalu penuh. Tak terkecuali kota Umeå. Penolakan pertama yang kami terima datang dari Hotel Scandic. Kamar penuh!
ELITE HOTEL MIMER

 

Dan pilihan berikutnya jatuh ke Hotel Elite Mimer. Awalnya sudah pesimis. Namun keberuntungan sepertinya sedang memihak kami hari itu.  Masih ada kamar tersisa. 
Dan yang lebih mengagetkan lagi, harga hotel hanya dikenakan 900 SEK permalam. Tadinya kami berpikir bisa mencapai 1500 SEK. Mengingat kami pernah menginap di hotel yang sama tapi berbeda kota, dan saat itu bukanlah musim liburan. Biayanya sekitar 1350 SEK permalam. 
Nah, bagaimana kami tidak tersenyum sumringah, sudah dapat kamar, harganya juga relatif tidak terlalu mahal. Apalagi di saat liburan musim panas, di kota yang lumayan besar seperti Umeå pula.
 
Secara keseluruhan Umeå hampir mirip dengan kota kota lainnya di Swedia. Yang membedakannya adalah julukan "Björkarnas Stad" atau "The City of Birches" yang dimiliki kota ini.

POHON BIRCH

Bukanlah sesuatu yang aneh jika sebagian besar kota di Swedia, baik itu kota besar maupun kecil, memiliki tanaman pohon di sekitarnya. 
Namun Umeå sedikit berbeda. Kota ini hampir sebagian besar dipenuhi barisan pohon dengan jenis yang kurang lazim ditanam di pusat kota. Pohon yang seharusnya tumbuh subur di tengah hutan.
Yup, Umeå memang sangat identik dengan jenis pohon Birch atau di Swedia dikenal dengan Björk, yang menghiasi sebagian besar sudut kotanya. 
Sehingga wajarlah kota ini sampai memiliki julukan "Björkarnas Stad" atau "The City of Birches"
 
Pohon Birch dimana mana bahkan sampai di depan toko
 
Ketika mengunjungi Umeå, sama sekali gue tidak memiliki referensi. Dan begitu melihat barisan pohon Birch dimana mana, bahkan sampai di depan kawasan pedestrian dan toko toko, gue langsung bertanya ke suami. Kenapa pohon Birch banyak banget. Dan gue sempat berpikir pasti ada alasan mengapa Umeå sampai memilih jenis pohon Birch untuk ditanam.
Karena sebagai warga desa yang pemukimannya dikelilingi hutan, tentu saja pohon Birch sangatlah akrab di mata gue. Yang gue tahu, pohon ini biasanya ditanam di sekitar hutan. Belum pernah gue melihat sengaja ditanam di depan pertokoan dan kawasan pedestrian. 




Cafe di pusat kota Umeå


Pohon Birch memiliki batang dan daun yang lumayan khas dan gampang dikenal. Batang pohonnya berwarna putih dan rantingnya dipenuhi daun hijau berukuran kecil. Berada di kota Umeå, sama artinya seperti melakukan trip disepanjang barisan pohon Birch.
 
Dan ternyata apa yang menjadi keheranan gue pun sedikit terjawab. Konon katanya, Umeå pernah mengalami kebakaran hebat di masa lampau. Sehingga akibat dari kejadian tersebut, raja pun mengeluarkan kebijakan, agar pembangunan gedung dan rumah tidak menggunakan bahan kayu lagi.
Namun warga Umeå di masa itu tetap pada keinginan mereka, agar rumah dan bangunan memakai material dari kayu. Dan keinginan inipun akhirnya disanggupi oleh raja, dengan ketentuan setiap rumah harus ditanami pohon Birch. Karena jika terjadi kebakaran, pohon ini dianggap mampu menghalau lambatnya api menjalar kemana mana.
Meskipun saat ini kota Umeå sudah dipenuhi bangunan berbahan batu, tapi tradisi menanam pohon Birch tetap dipertahankan, yang justru menjadi ciri khas kota Umeå sendiri. Kurang lebih begitu ceritanya.

Umeå juga memiliki gereja besar nan cantik. Dan seperti biasa kami pun memasukinya.  







Sisi lain yang gue suka dari kota Umeå adalah, kota ini berada di aliran Umeå River. Viewnya bagus dan bersih. Kawasan di sekitar sungai Umeå merupakan spot yang paling gue suka dari kota ini. Selebihnya gue tidak bisa bercerita banyak. Karena lagi lagi kami tidak lama di kota ini. Cuma sehari semalam.

Berikut wajah kota Umeå yang sempat gue foto. 
 


Kawasan Umeå River yang cantik






 



Suka melihat rumahnya. Di tengah kota dengan aliran sungai yang bersih.



Masih di sekitar aliran sungai Umeå. Warga kota banyak yang bersantai di pinggiran sungai ini











See you in my next story
 
 
 
Salam dari Mora
Dalarna Swedia


Tidak ada komentar: